SSB GAMA JOGJA


MASIH TENTANG “SEPAK BOLA”
February 21, 2008, 10:18 am
Filed under: Uncategorized

Agaknya sekarang saya sedikit memahami, kenapa persepakbolaan di tanah air mempunyai prestasi yang sangat memprihatinkan. Tulisan ini bukan merupakan kritik atau kecaman, tetapi merupakan hasil perenungan yang mungkin bisa menyumbang barang sedikit untuk kemajuan persepakbolaan di tanah air. Tidak ada sedikitpun keinginan di hati kami untuk menyinggung pihak-pihak tertentu yang berkepentingan di dunia persepakbolaan.

Seperti kata ketahui bersama, sepakbola adalah olahraga yang sangat merakyat di Indonesia, sehingga hampir sebagian besar orang Indonesia gemar akan olahraga ini. Karena sangat merakyat, maka banyak sekali orang yang ingin bermain sepaknola.

Namun ini adalah suatu kontradiksi. olahraga paling populer di tanah air ternyata prestasinya sangat memprihatinkan alias memble. Jangankan bertanding di kelas dunia, di kelas regionalpun masih keteter dibanding dengan negara negara tetangga. Apalagi dengan liga Inggris yang begitu cantik, menarik serta penuh teknik sepakbola dan strategi yang canggih.

Mengapa terjadi kontradiksi seperti ini? Bukankah seyogyanya karena sepak bola populer di Indonesia, maka banyak yang ingin bermain sehingga bisa dijaring pemain-pemain berbakat dan handal? Tetapi nyatanya tidak begitu, persepakbolaan Indonesia masih jauh dibanding dengan negara-negara lain.

Menurut saya, salah satu faktor yang sangat menentukan prestasi olahraga adalah konsep latihan (training) itu sendiri. Di dunia sepakbola nasional (apalagi lokal), yang disebut latihan sepakbola lebih sering hanya “bermain sepakbola”. Latihan sepakbola hanya dianggap sekedar berkumpul, tendang-tendangan bola sebentar lalu langsung “bermain sepakbola” sebelas lawan sebelas di lapangan.

Bisa dibayangkan, dalam dalam satu kali “bermain sepakbola” berapa kali rata-rata seorang pemain menendang bola? Mungkin hanya 10 sampai 20 kali saja, dan semakin “berbakat” seseorang, dia akan semakin menonjol, tetapi bagi yang “kurang berbakat” akan semakin tertinggal. Karena dilatih untuk “bermain sepakbola” maka teknik sepakbola pun tidak berkembang.

Apakah pola latihan seperti itu yang terjadi di “FOOTBALL CLINIC” negara maju?

Di Indonesia jarang sekali pemain-pemain sepakbola dilatih teknik bermain sepakbola yang baik dan benar, seperti latihan menendang bola, latihan mengoper bola, menggiring bola, kontrol bola, latihan “one-touch football”, latihan footwork dan lain-lain. Padahal di negara-negara lain, latihan-latihan dasar seperti itu merupakan menu utama dalam suatu latihan sepak bola. Paling tidak, dengan latihan dasar, para pemain bisa latihan menendang bola 100 kali, menggiring bola 50 kali dan mengoper bola 50 kali serta kontrol bola 100 kali, bahkan mungkin lebih. Latihan seperti ini akan sangat meningkatkan kualitas teknik pemain sepakbola.

Bahlan di “FOOT BALL CLINIC”. terutana buat anak-anak, mereka ditekankan untuk latihan dasar teknik sepak bola, seperti menendang, mengoper, menggiring  dan kontol bola serta penguasaan bola. Belum ada “bermain sepakbola” beneran, paling kalau ada pun mereka bertanding 3 lawan 3 atau 5 lawan 5, sehingga mereka bisa lebih intensif berlatih penguasaan bola, pengoperan serta footwork skill-nya.

Yang lebih memprihatinkan lagi adalah bahkan latihan fisik hampir ditinggalkan sepenuhnya, sehingga fisik pemain sepakbola Indonesia rata-rata sangat lemah dan mempunyai nafas yang pendek. Terkecuali pemain-pemain tertentu yang mempunyai talent dan fisik sangat baik.

Akhir kata, pesan saya kepada para pembina sepak terutama di SEKOLAH SEPAK BOLA GADJAH MADA, ajarkanlah anak didik kita untuk bermain sepak bola yang baik dan benar serta beretika dan bermoral dengan kerjakeras dan sabar.

Salam


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: